Doa-Sholat-Dhuha

Keutamaan dari Doa Sholat Dhuha secara Lengkap 

politekniksakti.ac.id – Doa sholat dhuha juga bisa memperoleh pahala dan keberkahan hari, dan menghadirkan ketentraman hati, simak selengkapnya di bawah ini agar lebih paham!

Menghafal doa sholat dhuha ini memang mempunyai keutamaan yang luar biasa bagi seluruh umat Islam. Tidak hanya sekedar rangkaian kata, namun doa ini berkaitan dengan permohonan kepada Allah SWT. 

Shalat Dhuha sendiri merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Di mana memiliki berbagai macam keutamaan yang menyertainya. 

Keutamaan dari Doa Sholat Dhuha

Terdapat beberapa keutamaan dari doa sholat dhuha yang perlu dipahami. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkapnya:

1. Memohon Rezeki yang Berkah 

Permohonan untuk rezeki yang berkah merupakan salah satu keutamaan terbesar yang berasal dari doa usai sholat Dhuha. Melalui doa tersebut, kita nantinya akan meminta Allah untuk menurunkan rezeki yang baik dari langit.

Lalu akan mengeluarkannya dari bumi. Selain itu, kita juga bisa memohon agar rezeki yang sulit tersebut dijadikan lebih mudah.

Sementara yang jauh akan lebih dekat. Melalui doa ini, kita juga dapat memohon kepada Allah agar rezeki yang diterima tidak hanya banyak.

Melainkan juga lebih bersih dari hal-hal yang haram, bahkan dapat diberkahi dalam penggunaannya. Hal ini sebenarnya penting karena rezeki yang berkah akan membawa kebaikan dalam kehidupan kita dan keluarga.

2. Menjadi Sarana Mendekatkan Diri kepada Allah

Setiap ibadah yang nantinya dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan akan mendekatkan seorang hamba terhadap Allah. Doa sholat ini menjadi sarana untuk dapat meraih kedekatan tersebut. 

Dalam doa ini, seorang Muslim telah mengakui keagungan dan kekuasaan Allah. Bahkan, juga akan menunjukkan ketergantungan penuh kepada-Nya. 

Dengan mengucapkan doa secara rutin, kita akan memperkuat hubungan spiritual bersama Allah. Lalu dapat menumbuhkan rasa tawakal yang lebih dalam. 

Kedekatan tersebut akan memberikan keyakinan dan ketenangan batin, bahwa Allah akan selalu bersama kita dalam setiap langkah kehidupan.

3. Menjaga Kesucian Hati dan Harta

Doa sholat Dhuha juga biasanya akan mengandung permohonan agar Allah mensucikan rezeki kita dari seluruh hal yang haram. Hal tersebut tentu mencerminkan keinginan seorang hamba-nya.

Tujuannya untuk bisa menjaga kesucian dalam mencari nafkah di kehidupan sehari-hari. Melalui permohonan ini, kita akan menunjukkan komitmen untuk hidup dalam integritas dan kejujuran. 

Ini juga menjadi bentuk kesadaran spiritual yang sangat penting. Di mana seorang Muslim sendiri tidak hanya peduli pada jumlah rezeki yang diterima. Melainkan juga pada sumber serta cara mendapatkan rezeki tersebut.

4. Mendapatkan Pahala dan Keberkahan Hari

Shalat Dhuha sendiri saat ini memiliki keutamaan besar dalam memperoleh banyak pahala. Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda bahwa setiap pagi, ada sekitar 360 sendi manusia yang harus diberikan sedekah.

Bahkan, shalat Dhuha ini bisa menggantikan sedekah tersebut. Dengan berdoa usai shalat Dhuha, kita tidak hanya memperoleh pahala dari shalat.

Melainkan juga akan memohon keberkahan sepanjang hari. Keberkahan tersebut bisa berupa kesehatan, kebahagiaan, kemudahan dalam pekerjaan, serta berbagai macam nikmat lainnya yang Allah berikan kepada kita.

5. Menghadirkan Ketenangan dan Ketentraman Hati

Melaksanakan shalat Dhuha dan berdoa setelahnya tentu bisa memberikan ketenangan dan ketentraman hati. Kita bisa memohon rezeki, dan perlindungan, serta keberkahan  hal-hal yang tidak baik.

Bahkan, kita bisa menyerahkan seluruh urusan kepada Allah. Rasa tenang ini muncul karena kita yakin bahwa Allah sendiri akan mengatur semua hal dengan cara yang terbaik untuk kita. 

Kesimpulan

Doa setelah sholat Dhuha ini tentunya mempunyai keutamaan yang sangatlah penting dalam kehidupan seorang Muslim. Melalui doa tersebut, kita bisa memohon rezeki yang halal dan berkah. Bahkan, juga dapat menjaga kesucian hati dan harta, serta mendekatkan diri kepada Allah. Lalu Doa sholat dhuha juga bisa memperoleh pahala dan keberkahan hari, dan menghadirkan ketentraman hati.

admin https://politekniksakti.ac.id

Politeknik Sakti Surabaya adalah institusi pendidikan vokasi terkemuka yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dan pengetahuan teknis. Dengan dukungan dosen berpengalaman dan fasilitas modern, Politeknik ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan industri global dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

You May Also Like

More From Author